Mengenal Gejala dan ciri-ciri patah tulang yang Perlu Diketahui

Patah tulang patologis adalah fraktur yang disebabkan oleh penyakit (seperti kanker) yang melemahkan tulang dan dapat terjadi dengan sedikit atau tanpa trauma. Osteoporosis, gangguan di mana tulang menipis dan kehilangan kekuatan seiring bertambahnya usia, menyebabkan 1,5 juta patah tulang setiap tahun di AS – terutama di pinggul, pergelangan tangan, dan tulang belakang.

Tanda dan gejala patah tulang meliputi:

  • Bengkak atau memar di atas tulang
  • Deformitas lengan atau tungkai
  • Rasa sakit di area yang terluka semakin memburuk saat area tersebut digerakkan atau tekanan diberikan
  • Ketidakmampuan untuk menanggung berat pada kaki, pergelangan kaki, atau kaki yang sakit
  • Kehilangan fungsi di area yang terluka
  • Pada fraktur terbuka, tulang menonjol dari kulit
  • Fraktur biasanya disebabkan oleh jatuh, pukulan, atau peristiwa traumatis lainnya.
Image result for patah tulang halodoc

Pencegahan

Dokter biasanya dapat mengenali sebagian besar patah tulang dengan memeriksa cedera dan mengambil sinar-X.

Terkadang X-ray tidak menunjukkan fraktur. Ini khususnya umum pada beberapa patah tulang pergelangan tangan, patah tulang pinggul (terutama pada orang tua), dan patah tulang karena stres. Dalam situasi ini, dokter Anda dapat melakukan tes lain, seperti pemindaian computed tomography (CT), magnetic resonance imaging (MRI), atau pemindaian tulang.

Dalam beberapa kasus, seperti kemungkinan patah tulang pergelangan tangan dengan X-ray yang awalnya normal, dokter Anda mungkin menggunakan belat untuk melumpuhkan daerah tersebut dan memesan X-ray kedua 10 hingga 14 hari kemudian ketika penyembuhan dapat membuat fraktur visibe.

Kadang-kadang, bahkan setelah diagnosis patah tulang telah dibuat, Anda mungkin memerlukan tes lain (seperti CT scan, MRI, atau angiogram, sinar-X khusus pembuluh darah) untuk menentukan apakah jaringan lain di sekitar tulang telah rusak.

Jika dokter Anda mencurigai adanya fraktur tengkorak, ia mungkin akan melewatkan sinar-X polos sama sekali dan melanjutkan langsung ke CT scan, yang akan mendiagnosis fraktur dan setiap cedera terkait yang lebih penting atau cedera sekunder di dalam tengkorak, seperti pendarahan di sekitar tengkorak. otak.

Apa Perawatan untuk Fraktur Tulang?

Fraktur sering membutuhkan perawatan darurat di rumah sakit. Contoh fraktur minor yang mungkin tidak memerlukan perawatan darurat adalah fraktur ujung jari kaki.

Dalam kasus lain, Anda dapat meminta bantuan atau membawa orang tersebut ke ruang gawat darurat. Sebelum memindahkan orang tersebut, lindungi area yang terluka untuk menghindari kerusakan lebih lanjut. Untuk tulang lengan atau kaki yang patah, letakkan belat (terbuat dari kayu, plastik, logam, atau bahan kaku lainnya yang dilapisi dengan kain kasa) di area tersebut untuk mencegah gerakan; bungkus belat dengan longgar menggunakan kain kasa. Jika ada perdarahan, berikan tekanan untuk menghentikan pendarahan sebelum belat, kemudian angkat fraktur.

Tulang yang patah harus diletakkan di tempat yang seharusnya dan dipegang di sana agar sembuh dengan benar. Pengaturan tulang disebut “reduksi.” Mereposisi tulang tanpa operasi adalah “reduksi tertutup.” Sebagian besar patah tulang pada anak-anak diobati dengan reduksi tertutup. Fraktur serius mungkin memerlukan reduksi terbuka – reposisi menggunakan operasi. Dalam beberapa kasus, perangkat seperti pin, pelat, sekrup, batang, atau lem digunakan untuk menahan fraktur. Fraktur terbuka juga harus dibersihkan secara menyeluruh untuk menghindari infeksi.

Bagaimana Bisa Mencegah Patah Tulang?

Untuk membantu mencegah patah tulang, ikuti tindakan pencegahan umum untuk keselamatan, termasuk:

  • Selalu kenakan sabuk pengaman saat mengendarai kendaraan bermotor.
  • Selalu gunakan peralatan keselamatan yang tepat (helm dan bantalan pelindung lainnya) untuk kegiatan rekreasi, seperti naik sepeda, seluncur salju, atau olahraga kontak.
  • Jaga agar jalur pejalan kaki dan tangga bebas dari benda-benda yang dapat menyebabkan Anda tersandung. 
  • Jika menderita osteoporosis, lakukan olahraga teratur untuk meningkatkan kekuatan dan keseimbangan Anda, yang dapat membantu mengurangi jatuh.
  • Diskusikan memulai obat dan suplemen pembangun tulang (seperti kalsium dan vitamin d) dengan dokter Anda. Saat Anda berada di tangga, hindari menggunakan langkah atas dan pastikan Anda memiliki seseorang yang memegang tangga

Apa itu Fraktur?

Patah tulang adalah istilah medis untuk patah tulang. Fraktur umum terjadi; rata-rata orang memiliki dua selama seumur hidup. Mereka terjadi ketika kekuatan fisik yang diberikan pada tulang lebih kuat dari pada tulang itu sendiri.

Risiko patah tulang Anda sebagian tergantung pada usia Anda. Tulang patah sangat umum terjadi pada masa kanak-kanak, meskipun patah tulang anak-anak umumnya kurang rumit daripada patah tulang pada orang dewasa. Seiring bertambahnya usia, tulang Anda menjadi lebih rapuh dan Anda cenderung menderita patah tulang karena jatuh yang tidak akan terjadi ketika Anda masih muda.

Ada banyak jenis patah tulang, tetapi kategori utamanya adalah pengungsian, non-pengungsian, terbuka, dan tertutup. Fraktur pengungsian dan non-pengungsi mengacu pada penyelarasan tulang yang patah. Pada fraktur yang terlantar, tulang patah menjadi dua bagian atau lebih dan bergerak sehingga kedua ujungnya tidak lurus. Jika tulangnya banyak, itu disebut fraktur kominutif.

Sumber :

https://www.webmd.com

https://orthoinfo.aaos.org

https://www.medicalnewstoday.com

sumber gambar

https://www.halodoc.com

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>